Penyuluhan Hukum Angkat Topik Narkoba dan Pungli

Foto Penyuluhan Hukum Angkat Topik Narkoba dan Pungli

Maraknya penyebaran narkoba akhir-akhir ini serta gencarnya pemerintah memberantas pungli, membuat Bagian Hukum dan HAM Setda Kabaupaten Karangasem mengangkat dua topik ini dalam kegiatan Penyuluhan Hukum, demikian disampaikan Kasubag Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum I Gusti Bagus Hariwangsa, SH, MAP ketika ditemui disela-sela kegiatan penyuluhan hukumnya beberapa waktu lalu.

Penyebaran narkoba saat ini sudah sangat merajarela hingga ke anak-anak pedesaan. Dampak yang ditimbulkannya pun tidak main-main yaitu nyawa. Bagi mereka yang telah kecanduan menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan bubuk putih maut tersebut. Agar penyebaran narkoba ini bisa ditekan maka perang terhadap narkoba harus segera dilakukan dengan melibatkan semua unsur yang ada.

Hal serupa juga dilakukan terhadap pungutan liar alias pungli. Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya memberantas yang namanya pungli. Pungli ini hampir ada di setiap kegiatan. Bedanya adalah besar atau kecil.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah perbekel dan tokoh masyarakat di 4 Kecamatan yang berlangsung selama dua hari yaitu 14 dan 15 Juni 2016 dimana perhari di ikuti oleh 75 orang. Hadir sebagai narasumber adalah dari Kesbanglinmas dan Inspektorat Daerah. Antusias para peserta mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada saat sesi tanya jawab. Mereka berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan alais berkesinambungan. (Yanti)